berdasarkan dominasi otak kiri atau kanan ternyata siswa memiliki perbedaa sifat

Senin, 03 Mei 2010

PTK BOILOGI SMP

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII - 2 SMP TRIBHAKTI TANGGULAANGIN SIDOARJO PADA MATERI FOTOSINTESIS

Oleh
Yutiaroh

Abstraks : Pada materi fotosintesis peserta didik diharapkan memperoleh konsep fotosintesis bukan dari guru atau pun dari buku-buku melainkan melalui kegiatan ilmiah sehingga hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dapat ditingkatkan. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini akan dibahas tentang pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. PTK dilakukan dalam 2 siklus, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan mendeskripsikan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII - 2 SMP TRIBHAKTI Tanggulangin Sidoarjo dengan jumlah siswa 35 orang, tahun pelajaran 2008/2009. Data diperoleh dari pemberian tes dan observasi, kemudiandata dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dan aktivitas peserta didik meningkat.

PENDAHULUAN
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemerintah
Indonesia mencanangkan program wajib belajar 9 tahun. Jadi setiap anak Indonesia diharapkan serendah-rendahnya memiliki ijazah SMP. Di lain pihak pemerintah tiap tahunnya juga selalu menaikkan kriteria
kelulusan.
Pada Ujian Nasional tahun pelajaran 2007-2008 mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang akan diujikan. Biologi yang termasuk dalam ilmu pengetahuan alam / IPA, merupakan hasil dari kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan konsep tentang alamsekitar. Oleh karena itu bila pelajaran biologi disampaikan pada siswa dengan mitode ceramah di dalam kelas akan sangat membosankan bagi siswa. Pendekatan khusus yang digunakan pada mata pelajaran biologiadalah pendekatan yang disesuaikan dengan tuntutan materi pelajaran seperti, pendekatan keterampilan proses, pendekatan lingkungan,pendekatan induktif dan pendekatan deduktif.
Learning science is samething the students do actively, not Samething that is to them. Slogan The National Standard berarti bahwa dalam belajar sains, seharusnya siswa diajak secara aktif untuk mengenal objek, gejala, dan persoalan alam, menelaah, dan menemukan kesimpulan atau konsep-konsep tentang alam (National ResearchCouncil, 1996). Oleh karena itu sebaiknya siswa mendapatkan konsep-Konsep sains bukan dari guru ataupun dari buku-buku melainkan melaluiKegiatan-kegiatan ilmiah (scientific prosess).
Fotosintesis merupakan suatu proses yang terjadi pada tubuhTumbuhan. Bila materi ini disampaikan secara konvensional, yaituGuru menerangkan atau siswa mencari konsep dari buku-buku denganmerangkum, akan menyebabkan konsep yang diterima siswa tidak akanbertahan lama atau konsep itu tidak berkembang. Jadi pada mater fotosintisis siswa dituntut tidak hanya sekedar hafal reaksi kimiafotosintesis tetapi siswa harus bisa membuktikan bahwa reaksi kimiaitu terjadi pada tubuh tumbuhan. Untuk itu pendekatan keterampilan proses merupakan pendekatan yang paling cocok digunakan padamateri fotosintesis.
Keterampilan proses IPA adalah semua keterampilan yang di-
perlukan untuk memperoleh pengembangan dan menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum-hukum teori-teori IPA baik berupa Keterampilan mental, keterampilan fisik maupun keterampilan sosial(Nuryani Rustaman 1997:29). Pada pendekatan keterampilan prosesSiswa akan melakukan kegiatan ilmiah. Menurut Bryce dkk dalam Penilaian Berbasis Kelas Dalam pembelajaran Sains (2004:1) Scientificproses meliputi kemampuan melakukan pengamatan, mencatat data,melakukan pengukuran, mengimplementasikan prosedur, mengikuti instruksi, menginferensikan, menyeleksi berbagai cara/prosedur,
merencanakan, melaksanakan, serta melaporkan hasil investigasi.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penyusun anggap perlu diadakan penelitian mengenai “ Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII-2 SMP TRIBHAKTI Tanggulangin Pada Materi Fotosintesis.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
mata pelajaran biologi siswa kelas VIII-2 SMP TRIBHAKTI tanggulangin
pada materi fotosintesis.
Manfaat Penelitian
Dengan diadakan penelitian ini diharapkan :
1. Bagi siswa hasil penelitian ini dapat dijadikan panduan melakukan proses
belajar
2. Bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan
Proses belajar di kelas
3. Bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian sejenis.
4. Bagi kepala sekolah penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membuat
kebijakan.

METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP TRIBHAKTI Tanggulangin Sidoarjo, yang berjumlah 32 orang. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, pemberian tes . Keterlaksanaan rencana pembelajaran (RP) dianalisis dengan menghitung jumlah butir-butir yang terlaksanakan dibagi jumlah butir seluruhnya kali 100%. Aktivitas siswa dianalisis dengan melihat jumlah indikator yang terpenuhi dari butir-butir aktivitas siswa, kemudian dideskripsikan berdasarkan kriteria kurang, sedang, baik, dan baik sekali. Untuk menghitung ketuntasan hasil belajar siswa dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban yang benar dibagi jumlah soal kali 100%. Angket di- sebarkan setelah kegiatan pembelajaran siklus II, lalu dianalisis secara deskriptif dalam bentuk prosentase.

PEMBAHASAN
Pada siklus 1 masih banyak siswa tidak mengerti tentang prosedur yang diberikan guru. Dan beberapa siswa tidak aktif dalam kelompoknya. Sehingga waktu yang tersedia kurang. Masalaah-masalah yang ditemukan pada siklus 1 direfeksi dan dievaluasi dengan guru pengamat untuk menemukan alternatif pemecahannya. Kemudian disepakati bahwa siswa yang menyusun prosedur penelitian sendiri dan guru harus menglolah waktu yang lebih baik.
Pada siklus 2 proses pembelajaran berlangsung baik, tidak ada siswa yang tanya tentang prosedur dan semua anggota kelompok lebih aktif. Setelah dilakukan tes ternyata hasil belajar siswa pada materi fotosintesis lebih baik daripada dengan menggunakan metode ceramah maupun demontrasi.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Kesimpulan dari PTK ini adalah :
Pendekatan ktrampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP TRIBHAKTI Tanggulangin materi fotosintesis.
Saran
Peneliti menyarankan bagi para guru yang ingin melakukan penelitian yang sama adalah :
1. Dalam menyusun rancena pembelajaran perlu diperhatikan tentang materi yang akan diajarkan dengan alokasi waktu serta pengetahuan prasyarat siswa terlebih dahulu.
2. Pengelompokan siswa harus hetrogen dari segi tingkat kecerdasan karena sangat menentukan keberhasilan kelompok.